Strategi Pemasaran Pariwisata 8 Langkah (Template Gratis)



Anda tidak boleh meninggalkan pemasaran Anda secara kebetulan. 

Tentu, penting untuk gesit terhadap perubahan kondisi, seperti tren pemasaran pariwisata , pembaruan algoritme, pergantian karyawan, dan teknologi yang berkembang. Tetapi jika Anda selalu melempar taktik ke tembok untuk melihat apa yang sulit, kemungkinan besar Anda akan menyia-nyiakan sumber daya, tertinggal dari pesaing Anda, dan kehilangan peluang di masa depan. 

Sebaliknya, jauh lebih baik untuk memiliki strategi pemasaran yang dipikirkan dengan matang.

Trial and error bisa datang setelahnya. 

Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran pariwisata?

Strategi pemasaran pariwisata adalah dokumen terstruktur yang menguraikan posisi Anda saat ini di pasar, apa yang ingin Anda capai ke depan, dan bagaimana Anda akan mewujudkannya.

Dengan kata lain, ini menyediakan kerangka kerja, jadi Anda tidak bingung, bertanya-tanya apa yang harus dilakukan selanjutnya. Semuanya sambil memberi Anda cara untuk melacak kemajuan Anda sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda sedang menuju ke arah yang benar. Dan jika segala sesuatunya berubah secara drastis, seperti yang kita saksikan di tahun 2020, Anda akan selalu memiliki landasan untuk membangun dan melakukan penyesuaian.

Jadi, apakah Anda siap untuk membuat rencana induk? Kami akan membahas apa yang masuk ke dalam strategi pemasaran untuk perjalanan dan pariwisata, yang meliputi:

Ikuti bersama dengan mengunduh Buku Kerja Strategi Pemasaran 8 Langkah gratis kami.

Bagaimana menulis rencana pemasaran pariwisata

1. Jalankan analisis SWOT

Analisis SWOT adalah latihan menyenangkan yang mengidentifikasi kekuatan , kelemahan , peluang , dan ancaman perusahaan Anda . 

Kekuatan dan Kelemahan adalah faktor internal yang dapat Anda kendalikan, seperti tim, sumber daya, dan lokasi Anda. Sebaliknya, Peluang dan Ancaman adalah faktor eksternal yang datang dan pergi secara acak, membuat Anda tidak punya pilihan lain selain bereaksi dan beradaptasi — seperti tren perjalanan, penurunan ekonomi, dan lanskap pesaing Anda.

Untuk membantu Anda dengan langkah ini, sebaiknya kumpulkan anggota kunci tim Anda di seluruh departemen. Mengapa? Karena setiap perwakilan akan membawa perspektif yang unik, memungkinkan Anda untuk keluar dari gelembung pemilik bisnis Anda. Misalnya, pemandu wisata Anda paling mengenal tamu Anda dan dapat menawarkan wawasan tentang apa yang mereka pikirkan dan rasakan. 

Setelah semua orang berkumpul — di ruangan yang sama atau rapat Zoom — Anda dapat memulai prosesnya. Pertama, jawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan setiap elemen.

Seperti untuk Kekuatan, Anda dapat bertanya, “apa yang dilakukan perusahaan wisata kami dengan baik?” dan “apa yang disukai tamu tentang pengalaman kami?” Kelemahannya, “bidang bisnis apa yang perlu ditingkatkan?” dan “apa yang dilakukan pesaing kita dengan lebih baik?” Adapun Peluang, “apakah ada pasar yang belum terlayani yang dapat kita manfaatkan?” dan Ancaman, “ apakah ada peraturan baru yang berdampak pada bisnis kita?”

Cobalah untuk menjawab setidaknya lima pertanyaan masing-masing, dan kemudian rangkum apa yang Anda dapatkan dalam kotak SWOT 2x2 untuk gambaran visual. 

Kisi analisis SWOT untuk strategi pemasaran pariwisata

2. Identifikasi proposisi nilai Anda

Setelah melakukan Analisis SWOT, Anda harus memiliki gambaran umum tentang proposisi nilai Anda — yang merupakan pernyataan sederhana yang menjawab mengapa seseorang harus memesan dengan Anda daripada pesaing Anda. Pada dasarnya, itulah yang membedakan bisnis perjalanan Anda berdasarkan atribut yang diinginkan yang Anda bawa ke pengalaman.

Penopang nilai Anda adalah bagian terpenting dalam strategi pemasaran Anda, karena menentukan pesan Anda dan pada akhirnya berfungsi sebagai hal pertama yang dilihat tamu saat mengevaluasi merek Anda dengan "apa untungnya bagi saya?" kerangka berpikir. Itu sebabnya itu harus berada di depan dan di tengah beranda Anda. 

Tetapi mungkin sulit untuk mempersempit semua kualitas unik Anda menjadi satu atau dua kalimat. Jadi, taruhan terbaik Anda adalah menyusun daftar fitur dan manfaat, bersama dengan nilai emosional untuk masing-masing, dan melihat apakah ada pola yang jelas.

Bagan proposisi nilai yang menguraikan fitur, manfaat, dan nilai

Melihat contoh di atas, Anda dapat melihat ada tren menuju pengalaman lokal, sehingga proposisi nilai untuk perusahaan ini bisa berupa sesuatu seperti: Jelajahi Teluk Hanalei dengan cara lokal dengan papan dayung yang tidak terlihat seperti sewaan.

3. Buat persona tamu

Jika Anda mencoba menarik semua orang, Anda tidak akan menarik siapa pun. Itu mungkin salah satu kesalahan branding pariwisata terbesar.

Sebaliknya, carilah 20-35% orang yang kemungkinan besar akan menikmati pengalaman Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih efektif dengan penargetan Anda karena Anda akan memahami apa yang membuat mereka tergerak, atau lebih baik lagi, apa yang membuat mereka memesan. 

Bagaimana Anda melakukannya? Buat persona tamu!

Apa itu persona tamu?

Persona tamu adalah deskripsi mendetail tentang karakter fiksi yang mewakili tamu ideal Anda. Ini menjawab siapa mereka, dari mana mereka berasal, apa yang penting bagi mereka, dan di mana mereka nongkrong online. 

Memikirkan mereka sebagai orang sungguhan sebelum check-in akan membuatnya lebih mudah untuk membuat pesan pemasaran yang dipersonalisasi yang tidak akan dapat mereka tolak. Plus, Anda akan tahu cara terbaik untuk menjangkau mereka. Tidak ada lagi iklan yang belum terjawab!

Untuk membuat persona tamu:

  1. Mulailah dengan menyisir data pemesanan Anda untuk mengetahui demografi umum seperti usia, jenis kelamin, geolokasi, dan bahasa
  2. Lihat Facebook Audience Insights untuk psikografis, seperti minat dan hobi, gaya hidup, dan perilaku belanja online
  3. Kirim survei tamu untuk mendapatkan detail lebih lanjut

Kemudian, kompilasi semua informasi Anda ke dalam template persona tamu dengan gambar stok untuk menampilkan data. Serta nama yang menyenangkan dan fiktif — seperti Solo Travel Sarah , Corporate Catrina , atau Vacation Dad Victor . 

Contoh persona tamu untuk perusahaan tur yang menargetkan pelancong solo

Sekarang, Anda mungkin hanya memerlukan satu persona tamu, tetapi jika Anda menawarkan beberapa pengalaman yang menarik bagi berbagai jenis orang, seperti produk wisata untuk warga lanjut usia , sebaiknya bagi tamu Anda menjadi beberapa persona karena taktik pemasaran Anda akan berubah sesuai dengan itu.

4. Buat profil pesaing

Industri perjalanan sangat erat, sedemikian rupa sehingga Anda bahkan dapat mengubah pesaing Anda menjadi mitra. Tapi itu tidak berarti Anda tidak bisa terus mengawasi mereka.

Mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Ini tidak hanya memberi Anda wawasan berharga tentang kekuatan dan kelemahan mereka sehingga Anda dapat melihat bagaimana Anda menumpuk, tetapi juga membantu Anda tetap selangkah lebih maju karena Anda dapat melihat potensi ancaman dan peluang sebelum terjadi.

Mirip dengan persona tamu, Anda dapat membuat profil untuk tiga pesaing teratas Anda, yang harus menyertakan informasi pemasaran berikut:

  1. Proposisi nilai mereka
  2. Pengalaman yang mereka tawarkan dan apa yang mereka kenakan
  3. Siapa audiens target mereka tampaknya
  4. Fitur dan manfaat unik yang mereka soroti
  5. Peringkat keseluruhan di situs ulasan, bersama dengan apa yang dikatakan tamu mereka tentang mereka
  6. Saluran media sosial yang mereka dominasi dan jenis konten yang mereka posting
  7. Saluran distribusi apa yang mereka andalkan?
  8. Skor otoritas domain dan kata kunci peringkat teratas mereka (gunakan alat seperti Moz Keyword Explorer untuk mendapatkan informasi ini)
Profil pesaing dari operator sekolah selancar

Itu tidak berhenti di situ. Setelah Anda membuat profil pesaing, Anda dapat memantau apa yang mereka lakukan secara waktu nyata dengan:

  1. Menyiapkan Google Alerts untuk melacak penyebutan mereka secara online
  2. Mengikuti akun media sosial mereka
  3. Dan berlangganan buletin mereka jika mereka memilikinya

Anda selalu dapat menggunakan alamat email palsu atau akun Instagram (AKA a Finsta) jika Anda tidak ingin mereka tahu bahwa Anda sedang memata-matai.

5. Mengembangkan bauran pemasaran pariwisata

Bauran pemasaran pariwisata adalah kombinasi faktor yang dapat Anda kendalikan untuk memengaruhi keputusan tamu untuk memesan dengan Anda. Anggap saja sebagai pedoman luas tentang cara memasarkan perjalanan dan tur sehingga semuanya bekerja sama dengan mulus. 

Secara historis, ada 7ps pemasaran pariwisata, tetapi karena operator pariwisata unik dalam produk dan layanan yang mereka sediakan, kami telah memperluasnya menjadi delapan. 

Apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran pariwisata?

1. Produk

Pengalaman yang Anda tawarkan dan apa yang disertakan. Catat semua yang akan masuk ke deskripsi produk, seperti durasi, rencana perjalanan, fitur khusus, dan detail penting lainnya. 

2. Tempat

Di mana orang dapat memesan pengalaman Anda. Secara tradisional, itu akan menjadi kantor tiket atau agen perjalanan Anda, tetapi sekarang ada banyak cara orang dapat memesan — OTA, email, chatbots, Facebook, situs web Anda. Cari tahu tempat nomor satu yang Anda inginkan untuk mengarahkan prospek. 

3. Harga

Harga yang akan dibayar tamu berdasarkan nilai yang dirasakan. Pertimbangkan apa yang dikenakan pesaing Anda, berapa biaya yang Anda keluarkan untuk memberikan pengalaman, target pendapatan Anda, dan ke mana arah pasar.

4. Promosi

Bagaimana Anda akan mengeluarkan berita. Lihat apa yang telah bekerja dengan baik di masa lalu, di mana Anda sudah memiliki daya tarik, peluang media sosial baru, dan format konten terbaik untuk audiens target Anda. 

5. Orang

Orang-orang yang memfasilitasi pengalaman. Apa kualitas menonjol yang dimiliki staf Anda yang selaras dengan merek Anda? Keterampilan apa yang dimiliki pemandu Anda yang membuat pengalaman itu berkesan, menghibur, dan informatif?

6. Perencanaan

Langkah-langkah yang Anda ambil untuk menjaga agar tamu tetap terhubung. Bagaimana Anda memastikan mereka muncul dalam keadaan siap? Bagaimana Anda memberi tahu mereka tentang kebijakan pembatalan fleksibel Anda? Apakah ada taktik yang Anda gunakan untuk mencegah pengembalian uang? Bagaimana jika Anda harus membuat perubahan yang tidak diinginkan?

7. Proses

Proses yang Anda lakukan untuk menjamin tamu mendapatkan pengalaman yang mereka harapkan. Semuanya harus berjalan lancar dari awal. Pertimbangkan cara untuk mempersingkat waktu check-in, tetap pada jadwal, dan buat mereka merasa dihargai.

8. Bukti

Bukti fisik yang membuktikan bahwa tamu Anda bersenang-senang. Ini bisa dalam bentuk foto profesional atau merchandise. Tapi itu juga bisa berupa ulasan online yang Anda dorong untuk mereka tulis di platform populer. 

6. Faktor dalam anggaran dan sumber daya

Semua orang berharap mereka dapat memiliki pengaruh pemasaran seperti agen perjalanan online ternama. Tetapi kenyataannya adalah Anda mungkin tidak pernah memiliki anggaran dan sumber daya yang sama untuk menjalankan kampanye global. Dan tidak apa-apa.

Anda tidak perlu berkantong tebal untuk membuat dampak. Berkat internet, Anda dapat menggunakan banyak ide pemasaran murah untuk menghasilkan buzz seputar merek Anda. Anda hanya perlu menyalurkan kreativitas Anda. 

Yang mengatakan, masuk akal dengan apa yang Anda ambil. Misalnya, jika Anda ingin memulai blog tetapi tidak punya waktu untuk berkomitmen pada jadwal penerbitan reguler, lihat apakah seseorang di tim Anda memiliki keterampilan dan bandwidth. Jika tidak, itu tidak ada dalam kartu untuk Anda sekarang. 

Jadi, periksa dengan anggaran Anda untuk mengetahui berapa banyak yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kegiatan pemasaran sambil mengingat perangkat lunak dan staf yang Anda perlukan untuk dijalankan dengan sukses. 

Rincian anggaran untuk kegiatan pemasaran

7. Tentukan tujuan, metrik, dan aktivitas

Sekarang setelah Anda mengetahui semua yang Anda ketahui, berikan diri Anda sesuatu untuk dikerjakan dengan menentukan apa yang ingin Anda capai tahun ini dan bagaimana Anda akan mewujudkannya. Kami menyarankan untuk memulai dengan jumlah empat tujuan dan aktivitas utama yang berubah-ubah. Mengapa?

Karena jika Anda mengejar terlalu banyak kelinci sekaligus, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Alih-alih, lebih baik memprioritaskan sasaran yang masuk akal untuk bisnis Anda saat ini. Dengan begitu, Anda dapat fokus melakukan beberapa hal dengan baik, daripada melakukan banyak hal buruk yang hanya akan merugikan merek Anda dalam jangka panjang, yang pada akhirnya harus Anda perbaiki nanti.

Sasaran

Dalam hal menetapkan tujuan pemasaran , penting untuk menjadi SMART . Jangan hanya meletakkan jari Anda ke angin dan berkata, "Saya pikir kita harus pergi ke sini." Tujuan Anda seharusnya:

  • Spesifik : menjelaskan dengan jelas apa yang ingin Anda capai
  • Dapat diukur: memiliki metrik yang dapat Anda ukur secara objektif
  • A tainable: sesuatu yang harus Anda perjuangkan, tetapi masih dalam jangkauan Anda
  • Realistis : relevan dengan bisnis Anda dan ke mana Anda ingin pergi
  • Terikat waktu: ketika Anda ingin mencapai tujuan dengan

Berikut ini contoh menggunakan metode SMART : 

Tingkatkan lalu lintas situs web organik 40% pada akhir tahun 2021 dari mendapatkan 1000 pengunjung per bulan dari Google.

Metrik

Bagaimana Anda akan melacak kemajuan Anda? Seperti yang Anda lihat pada contoh di atas, jumlah pengunjung situs web adalah metrik utama. Sekarang, banyak orang akan meminta Anda untuk menghindari metrik kesombongan — seperti lalu lintas, pengikut, dan berbagi — karena tidak secara langsung memengaruhi laba Anda. 

Kami sangat setuju. Pemasaran adalah tentang permainan panjang. Meskipun metrik tersebut tidak selalu diterjemahkan ke dalam transaksi, metrik tersebut memperkuat ekuitas merek, yang pada gilirannya mendorong pemesanan dari waktu ke waktu karena tamu tertarik pada operator dengan semangat ekstra online.

Institut Pemasaran Konten mengatakan yang terbaik : pikirkan metrik kesombongan sebagai metrik pengoptimalan. Alih-alih mengaitkannya dengan ROI, pertimbangkan nilai keseluruhannya untuk lebih memahami pemirsa Anda di saluran tertentu.

Misalnya, jika posting media sosial tertentu menghasilkan lebih banyak suka daripada rata-rata, itu menunjukkan sesuatu tentang konten itu beresonansi dengan audiens Anda. Anda dapat menentukan apa itu dan menirunya di posting mendatang atau menggunakannya sebagai cetak biru untuk membuat iklan Facebook yang efektif . 

Kegiatan

Untuk setiap tujuan yang Anda tetapkan, cari tahu satu aktivitas utama yang akan membantu Anda mencapainya. Jangan takut untuk berpikir besar di sini. Maksud saya, buat proyek pemasaran signifikan yang dapat Anda dan tim Anda kerjakan — lebih lanjut tentang itu di langkah berikutnya.

Sasaran, metrik, dan aktivitas keseluruhan untuk strategi pemasaran industri perjalanan

8. Rencanakan peta jalan pemasaran Anda

Setelah Anda menetapkan aktivitas per sasaran, pisahkan masing-masing menjadi tugas yang lebih kecil dan mudah dikelola untuk diselesaikan dari kuartal ke kuartal. Dengan menggunakan contoh di atas, katakanlah Anda memutuskan untuk memulai blog sebagai aktivitas utama Anda.

Di Q1, Anda akan mendapatkan bola dengan beberapa tugas dasar. Jadi, untuk membangun blog, Anda dapat memulai dengan hal berikut:

  1. Siapkan blog di situs web Anda 
  2. Kembangkan strategi konten
  3. Topik penelitian dan peluang kata kunci
  4. Buat kalender editorial

Kemudian, Anda akan membangun dari sana untuk Q2 dan seterusnya. 

Peta jalan pemasaran

Coba mulai dengan empat tugas per aktivitas. Kecuali jika Anda memiliki tim pemasaran, sebaiknya jangan terjebak dengan rencana pemasaran yang akan a) menarik tim Anda dari tanggung jawab lain atau b) merasa begitu berlebihan sehingga Anda mengabaikannya sama sekali. 

Dengan daftar tugas, Anda kemudian dapat mengatur semuanya ke dalam peta jalan visual sesuai keinginan Anda — asalkan mencakup cara untuk menetapkan staf dan melacak kemajuan pekerjaan. Misalnya, Anda dapat membuat peta jalan darurat jika Anda paham dengan Google Spreadsheet atau menggunakan alat manajemen proyek seperti Trello dan menyiapkan alur kerja papan kanban. 

Ke mana harus pergi dari sini?

Sudah waktunya untuk mengejarnya, tentu saja! Ingatlah bahwa strategi pemasaran Anda tidak kaku karena apa pun dapat terjadi untuk menggagalkan rencana Anda — seperti yang telah kita pelajari di tahun 2020. Jadi, periksalah buku kerja strategi pemasaran Anda dari waktu ke waktu untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Posting Komentar untuk "Strategi Pemasaran Pariwisata 8 Langkah (Template Gratis)"